DP BBM Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober

DP BBM Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober  - Tanggal 28 Oktober merupakan hari dimana seluruh pemuda dan pemudi dari Sabang hingga Merauke mengikrarkan sumpah dan janji untuk bersatu dalam mencapai cita-cita berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dikenal sebagai "Sumpah Pemuda".

Yang dimaksud dengan “Sumpah Pemuda” adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”. Keputusan ini juga diharapkan menjadi asas bagi setiap “perkumpulan kebangsaan Indonesia” dan agar “disiarkan dalam segala surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan”.

Dan isih Sumpah Pemuda saat itu 3 poin pokoknya sebagai berikut :


  1. Pertama: Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia
  2. Kedua: Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
  3. Ketiga: Kami Putra dan Putri Indonesia menjunjung bahasa persatua, bahasa Indonesia


Ketiga sumpah tersebut masih terus terngiang hingga sampai saat ini, tapi sepertinya semangat pemuda dan pemudi indonesia kini semakin luntur akibat arus modernisasi yang dilakukan oleh bangsa lain. Untuk memperkuat semangat persatuan kita, berikut ini kami akan bagiakn dp bbm hari sumpah pemuda yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Kumpulan Gambar DP BBM Hari Sumpah Pemudah 28 Oktober

























0 komentar:

Posting Komentar